Memperdalam dan Meningkatkan Employability skill

 Memperdalam dan Meningkatkan Employability skill


PENDAHULUAN
        Assalamualaikum halo kawan, pada agenda hari ini agenda saya akan membuat laporan pekerjaan memperdalam dan meningkatkan employability skill.
    Pengertian
    Employability skill sangat penting bagi semua calon pekerja yang ingin  bersaing di dalam dunia kerja, dan yang ingin bekerja, employability skill merupakan keterampilan dasar yang harus dimilik setiap orang khusus nya pekerja, agar bisa mendapat pekerjaan dan bisa di terima dalam melamar kerja.

    Latar Belakang
    Masih belum bisa menerapkan employability skill, sehingga saya mencari cari artikel-artikel di dalam inernet dan dari beberapa artikel yang saya dapat semuanya saya rangkum.

MAKSUD DAN TUJUAN
    Supaya lebih paham employability skill dan lebih memahami penerapan nya.

BATASAN DAN RUANG LINGKUP
    Employability skill.

TARGET YANG INGIN DIHASILKAN
    Paham betul tentang employability skill dan penerapannya.

METODE PELAKSANAAN

    Membaca artikel.

ALAT DAN BAHAN

    Laptop, changger,dan internet.

TARGET WAKTU

    8 jam.

TAHAPAN PELAKSANAAN

Rangkuman employability skill dari beberapa artikel:

1)Inisiatif

-Percaya diri
-merasa klau itu tanggung jawabnya
-Saat mau melakukan sesuatu itu langsung lakoni, tanpa dipikir.


2)Perencanaan

-Mengidentifikasi potensi resiko dan persiapkan respon tepat
-memiliki target dan tujuan
-tahu keadaan diri sendiri
-mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan
-mengambil inisiatif dan membuat keputusan
-membuat tujuan proyek menjadi jelas dan dapat dilaksanakan
-menyesuaikan suberdaya untuk mempersiapkan beberapa kemungkinan


3)Management diri 

-mempunyai kepercayaan diri dan komitmen untuk mengalokasikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk
 hal yang lebih diprioritaskan ataumengurus dirinya sendiri
-Mengelola waktu dan prioritaskan hal yang lebih penting untuk menyelesaikan pekerjaan
-memantau kinerja sendiri untuk memastikan pekerjaan akan selesai dengan baik dan tepat waktu
-mampu mengurus diris sendiri dan wilayahnya
-identifikasi standar kerja yang diharapkan ditempat kerja/SOP
-bertanggung jawab terhadap tindakan yang diambil
-membuat perencanan kerja secara sistematis/teratur
-melaksanakan rencana kerja secara konsisten/ dari awal sampai akhir j
-bersikap tenang dalam melaksanaan rencana kerja
-selalu mengevaluasi diri guna meningkatkan kinerja,
-memiliki keyakinan dan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan

Manfaat management diri:

-menjadikan kita seseorang yang menghargai waktu, menggunakan waktu sebaik-baiknya
-hidup lebih terkontrol, krn mengetahui cara memperlakukan waktu sebaik2nya tanpa terbuang percuma.
-memiliki pandangan hidup yang luas tentang bagaimana kita nantinya dan hidup tidak akan sia2 krn mempunyai rencana kedepan.


4)Komunikasi 

-menerima/menyampaikan informasi yang benar
-bicara yang jelas dan langsung, tidak berbelit-belit,
-mendengar dengan cermat terhadap intruksi dan informasi,
-membaca intruksi dengan cermat,
-mendengar dan memahami pembicaraan
-menuliskan kebutuhan client
-berbagi informasi
-menjelaskan dengan tulisan dan gambaran
-ikut aktif pembicaraan

Tata cara berkomunikasi:

-Melihat lawan bicara 
menatap kening/bola mata, tidak menghadapkan tatapan kanan-kiri, tdk menatap dengan pandangan sinis.
-Suara terdengar jelas
memperhatikan keras atau tidaknya suara, tidak terdengar samar, yang menimbulkan ketidak jelasan inti dari percakapan.
-Ekspresi yang menyenangkan
-Tata bahasa yang baik, klau gk bisa krama gunakan bhs.indo
-Pembicaraan mudah dimengrti, singkat dan jelas


5)Selalu belajar

-Pelajari cara2 baru untuk belajar
-mencari informasi untuk meningkatkan kinerja
-identifikasi karakterisstik peralatan,keterbatasan, dan kemampuan teknis
-pelajari penyebab terjadinya resiko dan cara meminimalisirnya
-aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar untuk mendapat pengalaman belajar secara maksimal
-menerima dan memahami informasi baru dgn cepat
-langsung menerapkan hal2 baru


6)Mengikuti dan menggunakan teknologi

-Menggunakan teknologi sesuai proses kerja
-menggunakan teknologi yang sesuai untuk memantau dan melaporkan kemajuan kerja
-menggunakan teknologi sesuai mendukung kelancaran komunikasi dan pekerjaan
-memelihara perangkat 


7)Problem solving (pemecahan masalah)

-memahami masalah
-merencanakan penyelesaian masalah dan mencari informasi/referensi
-pilih ide yang paling bagus
-melaksanakan penyelesian masalah seuai rencana
-pengecekan kembali terhadap semua langkah
-manganalisa dampak atau resiko setiap tindakan
-minta bantuan orang lain dan menemukan inti masalah.
-Menggali informasi sebagai dasr mengambil keputusan
-mengambil keputusan yang cepat dan tegas
(Masalah adalah situasi dimana jawaban atau tujuan belum diketahui
untuk menyelesaikan maslah, dibutuhkan perpaduan antara pengetahuan dasar dan keterampilan/pengalaman dasar.)


8)Team work / Bekerja kelompok

-Menerapkan kerja kelompok dalam situasi tertentu,
-terlibat dengan baik dalam perencanaan dan pelaksanaan,
-terlibat dalam keputusan tim.
-Menunjukkan tanggung jawab terhadap tugas tim
-Menghargai kemampuan, pendapat, dan ide dalam keputusan
-menyelaraskan tujuan diri senndiri dengan tujuan tim
-memahami segala mekanisme kerja yg didapat
-menerima saran dari yang lain
-terbuka dan melibatkan orang lain.

Faktor yang mengganggu kerja sama:

-Tidak bersedia memberi bantuan ke orang bidang lain, selalu fokus ke bidangnya sendiri.
-lekas puas dengan hasil kerjanya sendiri, sehingga tidak memperhatikan pihak lain yang masih bekerja
-menutup diri, gak enakan klau meminta bantuan kepada pihak lain 
-bersikap sok tahu, sehingga menutup diri untuk meminta pendapat dan bantuan orang lain.
-menerima usulan tanpa kejelasan manfaatnya/tidak paham
-memberi usulan yang tidak jelas manfaatnya
-tidak bersedia bertanggung jawab
-memaksakan diri meski tidak jelas bisa melakukannya.

TEMUAN PERMASALAHN DAN SOLUSI
    Masalah: employability skill masih sangat kurang, dan saya belum sadar diri dan belum memahami untuk apa saya ada?
    Solusi:

KESIMPULAN
    Jadi, Employability skill sangat penting bagi calon pekerja yang ingin  bersaing di dalam dunia kerja, dan yang ingin bekerja, employability skill merupakan keterampilan dasar yang harus dimilik setiap orang khusus nya pekerja, agar bisa mendapat pekerjaan dan bisa di terima dalam melamar kerja.

REFERENSI

    Internet.

 

Komentar

Post a Comment (0)
Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya