Penerapan Soft Skill dalam kehidupan sehari-hari

 

Soft Skill Dalam Kehidupan

A. PENDAHULUAN
     a. Pengertian
          Dalam dunia kerja soft skill sangat dubuuhkan karena seseorang bisa dikatakan bisa bekerja ketika bisa menerapkan soft skill dalam keseharian nya, yang mencakup keterampilan personal, sikap, kebiasaan dan perilak, dan lain nya seperti keterampilan kognitif (keterampilan menagkap, memproses, melakukan), tidak idealin (banyak tujuan tapi tidak ada action), orientasi (Tujuan), rasional (umum).
    b. Latar Belakang Masalah
          Adanya di adakan diskusi ini dukarenakan employability skill kami masih nol, dan tidk bisa mengimplementasikan nya.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
      Bisa menerapkan di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
       Employability skill dan penerapan nya.
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
      Menerapkan nya sebagai persiapan di dunia kerja nanti.
E. METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN
      Breafing dan Diskusi santai.
F. ALAT DAN BAHAN
     Laptop, changer, kaca mata.
G. TARGET WAKTU
     8 Jam.
H. TAHAPAN PELAKSANAAN
       Employability skilll harus dimiliki setiap pekerja, kerena itu merupakan standar nasional pekerja menurut perkemikbud no 20 tahun 2016 tentang standar komunikasi 3 dimensi :
-Pengetahuan,(hard Skill)
-Keterampilan, (Pengalaman)
-Sikap Kerja (Atitude)
      Bagian sikap kerja ini menggunakan soft skill, Aspek-aspek dalam soft skill :
-Inisiatif
  Ketika kita melakukan sesuatu tanpa disuruh/ keinginan kita sendiri, keinginan inisiatif tergantung pada motivasi, motivasimu/tujuan melakukan ini apa?.
-Perencanaan dan pengorganisasian
  setelah tau melakukan apa, kemudian direncanakan dan di organisasiakan agar lebih teratur dalam melakukan sesuatu, juga bergantung tujuan melakukan ini apa? jadi tujuan melakukan hal trsebut harus jelas.
-Management diri
  Setelah tau tujan mau melakukan apa, sudah di rencanakan, selanjutnya memanagement diri/mengatur diri mulai dari waktu, uang, tenaga, pikiran.
-Slalu belajar
  ketika mendapatkan kesulitan atau masalah maka kita harus belajar dari masalah tersebut, dan mencari beberapa solusi.
-Mengikuti dan menggunakan teknologi
  Teknologi kita harus bisa memanfaatkan nya dan bijak dalam menggunakan teknologi/ sewajarnya.
-Komunikasi
  Ketika menyampaikan pendapat atau menanyakan yang kurang jelas maka tidak akan terjadi salah paham dan asumsi, komunikasi ada 2 jenis yaitu :
  -Verbal, komunikasi berebentuk lisan ataupun tulisan
  -non-verbal,pesan disampaikan tidak menggunakan kata2, menggunakan gerak tubuh dan wajah
-Ploblem solving
  Ketika menemukan masalah, ketika ada problem kita harus bisa solving.
-Team work
  ketika dasar2 di atas bisa diterapkam maka terbentuk tim dan bisa bekerja.
I. KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
     Wajib bagi oarang yang siap kerja.
J. REFERENSI
     Diskusi santai bersama mbah.

Komentar

Post a Comment (0)
Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya