A. PENDAHULUAN
a. Pengertian
Dalam dunia kerja soft skill sangat dubuuhkan karena seseorang bisa dikatakan bisa bekerja ketika bisa menerapkan soft skill dalam keseharian nya, yang mencakup keterampilan personal, sikap, kebiasaan dan perilak, dan lain nya seperti keterampilan kognitif (keterampilan menagkap, memproses, melakukan), tidak idealin (banyak tujuan tapi tidak ada action), orientasi (Tujuan), rasional (umum).
b. Latar Belakang Masalah
Adanya di adakan diskusi ini dukarenakan employability skill kami masih nol, dan tidk bisa mengimplementasikan nya.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Bisa menerapkan di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Employability skill dan penerapan nya.
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Menerapkan nya sebagai persiapan di dunia kerja nanti.
E. METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN
Breafing dan Diskusi santai.
F. ALAT DAN BAHAN
Laptop, changer, kaca mata.
G. TARGET WAKTU
8 Jam.
H. TAHAPAN PELAKSANAAN
Employability skilll harus dimiliki setiap pekerja, kerena itu merupakan standar nasional pekerja menurut perkemikbud no 20 tahun 2016 tentang standar komunikasi 3 dimensi :
-Pengetahuan,(hard Skill)
-Keterampilan, (Pengalaman)
-Sikap Kerja (Atitude)
Bagian sikap kerja ini menggunakan soft skill, Aspek-aspek dalam soft skill :
-Inisiatif
Ketika kita melakukan sesuatu tanpa disuruh/ keinginan kita sendiri, keinginan inisiatif tergantung pada motivasi, motivasimu/tujuan melakukan ini apa?.
-Perencanaan dan pengorganisasian
setelah tau melakukan apa, kemudian direncanakan dan di organisasiakan agar lebih teratur dalam melakukan sesuatu, juga bergantung tujuan melakukan ini apa? jadi tujuan melakukan hal trsebut harus jelas.
-Management diri
Setelah tau tujan mau melakukan apa, sudah di rencanakan, selanjutnya memanagement diri/mengatur diri mulai dari waktu, uang, tenaga, pikiran.
-Slalu belajar
ketika mendapatkan kesulitan atau masalah maka kita harus belajar dari masalah tersebut, dan mencari beberapa solusi.
-Mengikuti dan menggunakan teknologi
Teknologi kita harus bisa memanfaatkan nya dan bijak dalam menggunakan teknologi/ sewajarnya.
-Komunikasi
Ketika menyampaikan pendapat atau menanyakan yang kurang jelas maka tidak akan terjadi salah paham dan asumsi, komunikasi ada 2 jenis yaitu :
-Verbal, komunikasi berebentuk lisan ataupun tulisan
-non-verbal,pesan disampaikan tidak menggunakan kata2, menggunakan gerak tubuh dan wajah
-Ploblem solving
Ketika menemukan masalah, ketika ada problem kita harus bisa solving.
-Team work
ketika dasar2 di atas bisa diterapkam maka terbentuk tim dan bisa bekerja.
I. KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
Wajib bagi oarang yang siap kerja.
J. REFERENSI
Diskusi santai bersama mbah.