A. PENDAHULUAN
a. Pengertian
Leadership dalam Soft skill merupakan skill kepemimpinan untuk mengatur orang lain, walaupun disekolah mempunyai nilai yang tinggi, juka tidak memiliki soft skill maka tidak akan berguna.
b. Latar Belakang Masalah
Leadership dalamSoft skill sangat penting dalam dunia kerja, karena jika tidak ada pemimpin, maka rusaklah negara, karena orang-orang akan hidup seenaknya dan tidak teratur.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Membahas buku yang berisi ringkasan tentang pentingnya kepemimpinan dalam soft skill, dan pengimplementasiannya.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Bedah buku ringkasan soft skill dan pengenalan dan cakupan soft skill.
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Bisa mengimplementasikan dalam kehidupan dan dalam dunia kerja.
E. METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN
Berdiskusi dan tanya jawab seputar soft skill.
G. TARGET WAKTU
3 Jam.
H. TAHAPAN PELAKSANAAN
Pemimpin Struktural VS Pemimpin Relasional :
Pemimpin Struktural, belum tentu memiliki skill kepemimpinan , karena jabatan tersebut turun menurun ke orang tuanya, kalau pemimpin relasionan, orang yang aktif terlibat dalam tim, memiliki ide-ide yang inovatif, berinisiatif untuk perubahan positif, siapapun bisa menjadi pemimpin relasional.
Pemimpin memiliki beberapa skill yaitu,
-Inklusif atau menghargai perbedaan,
-Bersedia belajar dan berbagi ilmu,
-Bertujuan, berkomitmen dan antusias unuk mencapai tujuan, dan bersedia kompromi untuk mencapai tujuan,
-Etis, bertindak berdasarkan nilai dan standar moral,
-dan menghargai orang lain.
Pemimpin efektif memiliki karakteristik yaitu,
-Memiliki visi, atau proses untuk mencapai tujuan,
-Cakap atau satsetsatset,
-Membuat keputusan tepat,
-Komunikasi baik,
-Menjadi teladan atau contoh bagi oarang lain,
-Mampu mempercayai orang lain,
-Menahan emosi,
-Tahan menghadapi tekanan,
-Tanggung jawab,
-Memiliki penuh inovasi atau pemikiran baru.
Management rapat, Pembukaan, lalu evaluasi tugas/ kegiatan sebelumnya, lalu pembahasan agenda rapat, lalu penutupan, jangan sekedar rapat tanpa tujuan dan hasil yang jelas.
Ciri-ciri rapat yang tidak efektif yaitu, tidak ada agenda yang jelas, tidak ada hal spesifik yang dibahas, no action talk only, peserta masih pasif, adanya individu yang mendominasi.
Dalam memimpin prioritaskan pembentukan tim yang kuat, dalam waktu singkat, harus bisa menangkap masalah utama dengan singkat, dan dengan berani menentukan target, kita menggunakan metode, rencana/plan, lakukan/do, kontrol dan tindakan perbaikan
Refleksi dan Latihan,
-apakah anda cenderung menolak tanggung jawab untuk memimpin walaupun sekecil apapun?
-Apakah anda cendrung berdiam diri daripada memberi saran walau dibutuhkan?
-Sebelum menjadi pemimpin yang baik, cobalah menjadi bawhan yang baik dulu.
I. KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
Soft skill sangat lah penting, ketika ingin melamar kerja, jika kalian cuma memiliki ilmu yang tinggi tetapi tidak memiliki soft skill maka tidak akan berguna dan tidak bisa dipercaya, karena dalam dunia kerja dibutuhkan 80% soft skill dan 20% hard skill (Teknis).
J. REFERENSI
Diskusi dan ngobrol santai, serta tanya jawab seputar buku E-book SUKSES DENGAN SOFT SKILL.